KPU Kabupaten Batu Bara Gelar Pendidikan Berdemokrasi Kepada Anak Sekolah Dasar

KPU Kabupaten Batu Bara menggelar sosialisasi pendidikan pemilih dan demokrasi kepada anak sekolah dasar di ruang Media Center KPU Kabupaten Batu Bara, Rabu 3 Februari 2016 kemarin, Jalan Perintis Kemerdekaan Lima Puluh Kota Batu Bara.

            “Pendidikan Pemilu kepada anak sekolah dasar diharapkan nantinya mereka mampu sebagai srikandi demokrasi,  baik sebagai peserta maupun penyelenggara pemilu dimasa akan datang,” ujar Ketua KPU Kabupaten Batu Bara Muksin Kalid SE. Turut hadir Divisi Sosialisasi, Hupmas, Pendidikan Pemilih, Data dan Informasi KPU Kabupaten Batu Bara Taufik Abdi Hidayat, S.Sos, Divisi Logistik, Keuangan dan SDM Mustafa S,Hi, Divisi Teknis Penyelenggara M Amin Lubis Shi, Devisi Hukum, Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Alhusain harahap  ST,  saat menyampaikan pada peserta didik SD 013875 Lima Puluh Kota dan simulasi pelaksanaan pemilihan di tempat pemungutan suara (TPS).

            Materi pendidikan pemilih berkisar pada sejarah demokrasi Indonesia dan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Batu Bara. Selain itu, KPU Kabupaten Batu Bara juga memperkenalkan lebih jauh tentang peran KPU, KPU Propinsi dan KPU Kabupaten dalam perannya sebagai penyelenggara.    Kemudian, pelaksanaan pendidikan pemilih ini nantinya juga akan bekerjasama dengan pihak sekolah menengah pertama maupun sekolah menengah atas yang ada di kabupaten Batu Bara.

            KPU Kabupaten Batu Bara menghimbau, agar Pemkab Batu Bara dapat memasukkan program pembelajaran ekstra kulikuler pendidikan pemilu di lembaga pendidikan dengan harapan menambah hasanah wawasan peserta didik mengenai pemilu, dengan cara berkunjung ke Kantor KPU Kabupaten. KPU Kabupaten Batu Bara membuka diri kepada seluruh elemen masyarakat dan lembaga pendidikan, menjalin kerjasama dalam hal memberikan pendidikan pemilih kepada masyarakat.